Wednesday 28 February 2018

# Coretanku # Diary Cinta Muslimah

Proses siklus menstruasi yang berkaitan dengan emosi yang dialaminya

Siklus Menstruasi

Bete pengen marah, pengen ngamuk yang ternyata tidak terjadi pada saat PMS saja tapi banyak sekali proses emosional yang naik turun pada wanita selama 1 bulan atau 1 siklus menstruasi ke siklus berikutnya.
Misalkan saja kita mendapat masa menstruasi pada tanggal 1 selama 5 hari. Pada 5 hari pertama jumlah kadar esterogen menurun yang dapat mengakibatkan perubahan mood. Pada saat ini biasanya wanita lebih sensitif, misalnya saja sering murung, bete, pengen ngamuk, galau segalau2nya dan juga menangis. Hal tersebut yang bisa terjadi bahkan sampai hari ke 7.

Nah, setelah masa menstruasinya selesai pada Hari ke 6-7 Estrogen naik jd lebih tenang dibanding saat PMS. Pada masa ini wanita sudah kembali lebih ceria lagi, sudah mulai rileks lagi karena seiring dengan perubahan hormon yang terjadi. Masuk Hari 12-13 masa ovulasi/masa subur, nah pada masa ini adalah masa dimana wanita lagi seneng senengnya, lagi cinta cintanya. Pada hari ke 12 ini, jika wanita berhubungan dengan pasangannya, terdapat kemungkinan untuk hamil. Jadi pada hari ke 12 dan 13 adalah masa2 subur wanita. Jadi harus sangat diperhatikan khususnya untuk pasangan yang berkeinginan untuk menghindari kehamilan bisa memakai kontrasepsi saat berhubungan.
Hari ke 14 estrogen mendadak turun yg menyebabkan mudah marah dan emosional. Bagi pasangan masa ini adalah waktu yg rentan untuk hamil...pada hari ke 14 ini wanita juga gampang nangis gampang terharu karena perubahan hormon.

Hari ke 18 produksi progesteron meningkat yg berfungsi menyamankan rahim efek nyeri pada payudara, bengkak badan seperti gemukan dan juga wanita menjadi sensitif.
Hari ke 20 jika sel telur tidak dibuahi maka ovarium secar perlahan menghentikan produksi hormon estrogen dan progesteron yang mengakibatkan pada hari ke 21-23 esterogen dan progesteron menurun sehingga muncul gejala PMS
Hari ke 24 tubuh rentan sakit, jadi untuk wanita sebaiknya menghindari segala tindakan yang bisa menimbulkan rasa sakit.
Hari ke 25-26 resiko peradangan jerawat dan lesi meningkat sekitar 25% . Hindari makanan berlemak..perbanyak makan yg mngandung omega 3 seperti ikan yg baik untuk kulit
Hari ke 27 hormon estrogen dan progestron meningkat. Metabolisme tubuh lebih cepat dr biasanya. Bagi yang diet hati2 karena nafsu makan meningkat
Hari 28 kram perut 1-2 sebelum menstruasi. Krn mulai memproduksi hormon prostagladin yg menyebabkan kontraksi uterus.

Sumber : Dokter OZIndonesia

No comments:

Post a Comment

Jazakumullahu Khairan,
Terimakasih telah berkunjung disini, silahkan berkomentar dengan sopan. :)